TUTORIAL DLINK DWM 162R GAGAL UPDATE + TAMBAHAN

DWM 162-R LOST PORT gara-gara Gagal Upgrade
Yup, mungkin bukan hal yang baru bagi anda !!!
anda sudah beberapa kali bolak balik situs internet untuk mencari cara bagaimana menghidupkan kembali DWM 162-R, pada saat setelah setengah update ternyata port comnya hilang entah kemana, Sudah di Restart pun tetapi Dlink anda tidak terdeteksi, apa tidak stress tuh!!! dan akhirnya modem DLINK anda dinyatakan KOMA sementara tanpa ada solusinya.

Pihak DLINK sudah memberikan keterangan yang jelas, kalau modem DWM 162-R memang perlu di Upgrade Firmware terbaru agar lebih stabil dan support terutama untuk kartu Esia, Flexy dan juga Smart dual Frequensi terbaru.

saya pun merasakan demikian, setelah mengikuti tutorial dlink DWM 162-R Setiap tahap demi tahap tetap tidak juga berhasil, gagal inject, error inject, no PORT, error dev.exe, dll..dll... hampir-hampir modem yang tidak support EVDO ini saya buang ke tempat sampah.

Tidak usah berpanjang lebar lagi, saya hanya memberikan solusi yang menurut saya (berhasil) menghidupkan kembali modem DWM 162R anda yang koma.

(Tutorial ini tidak disertai dengan gambar, dihapus gara2 gagal update melulu, pas udah berhasil malah binggung bagi tutorial sama yang lain )
tetapi moga2 saja tulisan ini bisa membimbing anda di jalan yang benar :D


TUTORIAL MEMPERBAIKI GAGAL UPDATE DWM 162-R DLINK
1. Bagi anda yang sudah pernah mengupdate Firmware terbaru dan ternyata gagal, anda tidak usah khawatir, yang anda perlukan adalah mendownload RAR file kombinasi yang saya dapat dari situs resmi DLINK.
anda bisa mendownload "SENJATA dan TUTORIAL OFFlINE" disini (link sudah diperbaiki- download menggunakan mediafire):
TUTORIAL DLINK DWM 162R LOST PORT

2. TANCAP MODEM DLINK ANDA KE USB, LALU RESTART KOMPUTER ANDA,
Ingat!! LEPASKAN KARTU RUIM yang terdapat didalam MODEM !!! dan matikan ANTIVIRUS ANDA UNTUK SEMENTARA WAKTU ( Anda tidak usah kawatir, file updater sudah saya cek dan tidak terdapat virus sama sekali)

biarkan DLINK terdeteksi oleh KOMPI. Jika gagal terbaca alias no software update maka anda buka DEVICE MANAGER. JIka terdapat tulisan SEGITIGA TANDA SERU di OTHER DEVICE sebanyak 4 BUAH, artinya MODEM ANDA memang benar2 DALAM KEADAAN KOMA dan (Kemungkinan besar) MASIH BISA DISELAMATKAN.



A. MENGHIDUPKAN KEMBALI PORT DWM 162-R (EVDO PORT).
Tetap buka DEVICE MANAGER anda, pilih ADD LEGACY HARDWARE, pilih INSTALL THE HARDWARE THAT I MANUALLY SELECT FROM A LIST pilih NEXT pilih PORTS (COM&LPT).
pilih HAVE DISK pilih Browse buka "FOLDER SENJATA" yang sudah anda download lalu pilih Driver (pilih WIN32 Jika anda menggunakan Windows dengan basic 32Bit, pilih WIN64 jika anda menggunakan Windows dengan basic 64Bit) NB: Tidak perduli windows Home, premium, Office, Ultimate.

Jika sudah anda pilih dan anda buka cari file EVUSBMDM.inf klik OPEN, klik OKE. Maka anda akan mendapatkan 3 pilihan. EV-DO AT PORT ; EV-DO service PORT ; EVDO VOICE PORT.
Jika anda sudah memilih salah satu yang terdapat diatas, maka anda akan terdapat peringantan, kemudian klik yes atau oke, dan jika di device manager berhasil terdeteksi atau berubah, lakukan langkah (A) 2X lagi ingat!!! hanya 2X lagi, sisakan SATU OTHER DEVIDE dengan tanda SERU, sehingga PORT yang terdapat Segitiga tanda seru TINGGAL SATU BUAH !!!


B. MENGHIDUPKAN KEMBALI PORT DWM 162-R (MODEM PORT).
Tetap buka DEVICE MANAGER anda, pilih ADD LEGACY HARDWARE, pilih INSTALL THE HARDWARE THAT I MANUALLY SELECT FROM A LIST pilih NEXT pilih MODEMS.
pilih HAVE DISK pilih Browse buka "FOLDER SENJATA" Jika sudah anda pilih dan anda buka cari file EVUSBMDM.inf klik OPEN, klik OKE. Maka anda akan mendapatkan 1 pilihan. DWM-162 Series EV-DO USB Modem.

Sebenarnya sampai langkah diatas anda bisa langsung mengetest modem anda tanpa melalui DLINK MANAGER dengan cara masukan kartu RUIM anda kedalam modem lalu, buka Device Manager, pilih MODEMS, pilih DWM-162 Series EV-DO USB Modem, Klik kanan lalu pilih Properties, pilih Diagnostics lalu pilih Querty MODEM.
jika terdapat angka, artinya modem anda sudah setengah sadar, dan anda bisa langsung Menggunakannya dengan membuat link connect to modem via windows. tetapi jika anda ingin menyertakan AUTORUN DLINK anda ikuti langkah selanjutnya dibawah ini.



3. UPGRADE FIRMWARE, UPGRADER, ISO, HEX
Awalnya saya mengikuti tutorial DLINK untuk modem DWM-162R. Tetapi beberapa kali gagal, saat pertama kali saya coba langsung Upgrade.exe; file ISO dibaca ERROR, dan file HEX tidak terbaca dengan sempurna.

adapun langkah lainnya adalah membuka APST 0.6.5 dan mengikuti sesuai dengan port Com PORT dan AT PORT, lagi-lagi gagal Download FIRMWARE, atau bahkan saya menembak ISO Write yang terdapat dalam paket DWM-162R_Upgrade_04102011 gagal juga !!! Hampir stress juga sih !! modem seharga 150rb saya beli second akhirnya hanya bisa setengah jalan saja. tetapi hasil UJICOBA berkata lain.

A. Langkah2 KECIL Dengan COPY ISO
Tutorial DLINK mengatakan kalau FIRMWARE harus diinstall terlebih dahulu, saya mencoba kebalikannya.
BUKA DWM-162R_Upgrade_04102011 dari folder SENJATA lalu Buka APST 0.6.5. Pilih APST_DLL.exe
Pilih TYPE DATA CARD lalu OK. Cari Setting dan pilih SAVE. JIKA berhasil maka dikiri atas terdapat tulisan APST_DATACARD--COM X (X adalah Com AT PORT yang terdapat pada setting ).

dan Jika sudah terdeteksi dengan sempurna akan terdapat tulisan :
DIAG TX NV Read Request Item ID=0(ESN)
DIAG RX NV Read Respinse Item ID =0(Request Comleted OK)
tetapi jika tidak, anda periksa device manager anda, apakah semua persyaratan sudah terinstall dengan sempurna, atau jika tidak ada masalah pada device menager, cek port port COM anda.
Lalu Pilih FILE, ISO WRITE, di iso file buka Browse cari FOLDER SENJATA lalu pilih DWM-162R_Upgrade_0402011_ISO. klik Open dan pilih START dan biarkan dia mengintall dengan sendirinya sampai dengan 100%.

Setelah selesai, tutup jendela APST_DLL.exe, Lalu KLIK UPGRADE yang terdapat di folder SENJATA. Biarkan berjalan, agak lama sih, tetapi biarkan sampai semua benar-benar selesai lalu pilih CLOSE.

kembali Buka APST 0.6.5. Pilih APST_DLL.exe Pilih TYPE DATA CARD lalu OK. lalu RUN SCRIPT Browser di Folder SENJATA buka DWM-162R_Upgrade_04102011 lalu pilih DWM-162.srp dan OK. jika sudah terdapat tulisan PASS artinya MODEM DWM-162R Anda sudah HIDUP kembali dari KOMA !!!! lalu tutup semua jendela dan anda membuka Computer, akan terdapat Drive DWM-162R.

dan anda bisa mencobanya menginstall dengan cara AUTORUN, dan firmware serta ISO pun sudah diUPGRADE dan dapat anda gunakan dengan sempurna, baik itu modem, atau SMS.

Hal ini sudah saya coba dan ternyata berhasil.

Hardware yang digunakan :
DELL INSPIRON AMD-E350
Memory 6Giga
Windows 7 ULTIMATE 64bit
Symantec Endpoint Protection Antivirus

(Kesemuanya tidak terdapat masalah sama sekali dan tidak terdeteksi VIRUS LAGI Oleh antiVirus, support kartu Smartfren, Esia, Flexy)
NB: Tutor ini hanya berlaku untuk semua type windows, selain itu saya tidak tahu :D

Permasalahan yang terjadi kadang DLINK manager error dan minta di close, tetapi jangan kawatir, hal ini tidak mengganggu browsing atau download anda.


!!! CATATAN TAMBAHAN !!!
Jika sampai diatas DLINK Anda sudah berhasil hidup, saya ucapkan SELAMAT!!
sebagai catatan kecil, agar koneksi Internet menggunakan MODEM DLINK DWM 162R terasa berbeda.

lakukan langkah berikut ini :
1. Buka DEVICE MANAGER
2. Pilih PORT (COM&LPT)

3. KLIK KANAN PADA DWM-162R Series EV-DO AT PORT. pilih Properties pilih Port setting, rubah BITS PER SECOND dengan angka 128000. dan rubah FLOW CONTROL menjadi HARDWARE.
4. LAKUKAN langkah ke 3 untuk DWM-162R Service PORT juga.

selanjutnya
5. CARI MODEMS di Device Manager, Buka EWN-162 Series EV-DO USB MODEM. Klik KANAN Pilih Properties. Pilih ADVANCED dan isi dengan COMMANDS "ATQ0V1E0" (Tanpa Tanda Kutip). Jika sudah coba anda rasakan bedannya :D


Selamat mencoba dan semoga berhasil !!!

Subscribe to receive free email updates:

6 Responses to "TUTORIAL DLINK DWM 162R GAGAL UPDATE + TAMBAHAN"

  1. Sebelumnya terimakasih gan karena dengan tutorial diatas modem saya sekarang sudah hidup kembali, tapi yang jadi masalah sekarang waktu saya konekkan knp tdk bisa dan keluar tulisan "Connection failed. the connection was terminated by the remote computer before if could be complated." mohon pencerahannya gan...
    terima kasih...

    ReplyDelete
  2. apakah selain modem DLINK ada software lain yang agan install?
    sebaiknya hapus dulu software lain.
    Kelemahan DLINK tidak kompetible dengan SOftware dari modem lain.

    awalnya pun saya demikian, tetapi setelah saya coba hapus software modem lain. dan cuma modem DLINK doank. berhasil...

    maaf sudah lama ga buka blog, tetapi kalau ada permasalan lebih lanjut, semoga saya bisa bantu.

    ReplyDelete
  3. Gan, kenapa nggak bisa, ya?

    Waktu di APST_DLL.exe nggak bisa, padahal COMnya ada 3, dan 1-nya ada di Modems.

    Mohon bantuannya gan, sudah 2 tahun lebih modem ini nggak bisa dipakai. Bahkan hampir dibuang karena setelah modem D-Link DWM 162R saya rusak, saya sudah punya 2 modem baru.

    Thanks gan.

    ReplyDelete
  4. gan, gua coba download file SENJATa.rar gak bisa ya,
    muncul pesan "Ad Blocker Detected".

    ada alternatif link yang lain gak gan?
    klo bisa, ada sedikit harapan bwt modem yg lama tepar.

    Thanks gan.

    ReplyDelete
  5. gan, di step detek PORT(COM&LPT)utk detek AT port, service PORT dan VOICE PORT. pas mau dieksekusi koq cuma ngedetek voice port saja ya?
    utk AT port dan service port nggak bisa.

    mohon bantuannya gan, apa ada yg keliru yang gua lakukan atau firmwarenya ada yang kurang?

    tolong infonya gan..
    @thx

    ReplyDelete

  6. Hello,

    we provide affordable and result-oriented SEO services, please give a chance to serve you.


    Thanks
    Admin: E07.net

    ReplyDelete

Advertisement